Tahun ke-3

Malam semua (:

Gimana rasanya kehilangan orang yang kita sayang? Semua orang juga tau jawabannya, begitupun saya. Susah emang, tapi mau gimana lagi? Banyak yang dengan gampangnya ngomong ‘ikhlasin aja’ padahal mereka tidak tahu, mengikhlaskan sesuatu yang terlanjur kita sayang dan udah termasuk bagian dari hidup kita ini nggak gampang.

Malam ini, selesai sholat isya tepatnya. Tiba-tiba gue merindukan sosok kakek, sosok kakek yang udah lama pergi, sosok kakek yang nggak akan ada lagi. He doesn’t exist in my world but he does exist in his own world. Tahun ini bulan oktober nanti akan jadi tahun ke 3 semenjak kepergian kakek. I miss my grandpa so much, even words can’t describe it. This is what we called ‘indescribable’ thing.

Sometimes we have to let go something… No matter how hurt it will be, but I swear that’s the only way to make us realize there’re still so many good things around us. Grandpa is one of my heroes in the world. He had teached me many things, but there’s one thing we haven’t do it yet… Play tennis together. Play tennis is my grandpa’s hobby beside ngisi Teka Teki Silang. He promised me that someday he’ll teach me how to play tennis but it’s too late. He has gone. He will never come, he just stay in people’s heart that love him. So do I. I do love him, that means he’s still in my heart.

Gue mau ceritain, detik-detik sebelum my lovely grandpa passed away.

Sore, pas udah gerimis, gue, nyokap, afi, adiknya afi sama tante gue baru pulang belanja. Mobil udah dimasukin, pager udah ditutup, trus kita masuk. Di garasi ada 1 motor asing yang belum pernah gue liat, ada juga helm asing di meja teras. Nyokap sama tante gue langsung lari ke musholla, dapet kabar dari anaknya Nek Iim. Pas itu gue gak tau kejadiannya, afi juga. Kita sama-sama gak tau. Gue kira kakek gue itu ketabrak di depan rumah sama salah satu pengendara motor, trus si pengendara motornya itu merasa bersalah jadi masuk dulu ke rumah.

But I was really wrong. Akhirnya hujan turun, besar banget. Tante gue atau ibunya afi udah sibuk nelfon-nelfonin orang buat ngangkut kakek gue ke mobil. Ya.. Buat info aja, kakek gue itu tinggi besar, sementara dirumah cuma cewek semua, laki-lakinya cuma satu. Ya anak Nek Iim tadi yang gue sangka nabrak kakek gue -_-v Akhirnya Pak RT dateng, satpam yang suka jaga pos satpam deket rumah juga dateng, terus ada siapa lagi lah gue lupa. Bapak-bapak yang tentu gue inget wajahnya, tapi ga hafal namanya. Gimana gue bisa tau? Soalnya kakek… Ah, mending sebut aki aja ya, sesuai gue nyebut kakek gue. Jadi aki itu malem-malem suka ke pos satpam deket rumah, nongkrong istilahnya mah. Bareng satpam-satpam, ada juga tukang kebun, sama tukang yang suka benerin kalo ada yang rusak dirumah. Kayak bocor salah satunya. Trus gue sama afi suka disuruh ke pos satpam, manggil aki buat balik ke rumah. Gue sama afi juga suka marahin aki kalau kita nemuin beliau ngerokok. Sekarang gak ada lagi.

Aki itu kalau berteman nggak mandang harus siapa orangnya, harus kerja apa orangnya, beliau gak pernah mandang status. Dan itu yang gue salut.

Sore itu hari minggu, pas lagi hujan lebat-lebatnya, nyokap gue mindahin mobil ke bagian samping rumah, yang dari pintu, ada teras kecil trus langsung pager keluar. Soalnya kalau lewat depan ada tangga turun dulu dari teras ke garasi. Gak  mungkin ngangkut aki dengan medan (?) kayak gitu. Pake mazda putih, orang-orang itu masukin aki ke mobil. Nenek gue ikut, Nek Iim nemenin gue, afi sama aja (nama panggilan adiknya afi) dirumah sementara yang lainnya ke rumah sakit. Rumah udah sepi, gue sama afi akhirnya tau kenapa aki bisa kayak gitu. Jadi setelah sholat ashar, mau balik dari musholla, tiba-tiba jatoh. Gak tau gara-gara apa, tapi nafasnya ga beraturan. Katanya aki juga udah manggil nenek gue tapi nenek gue lagi nyetrika berhubung gak ada pembantu kalo hari minggu, jadi gak kedengeran. Yah gitu gitu deh… Sampe akhirnya kita pulang. Sialnya, nomor nyokap gue udah di telfonin berkali-kali sama nenek gue tapi gak nyambung terus.

Begitu hujan makin deras, gue duduk di teras bareng afi, trus nge-sms Bos (sebutan buat om gue yang di makassar, aneh ya? Tapi gue punya bukti kenapa gue manggil om gue itu bos) kalo aki masuk rumah sakit. Gak di bales, tapi katanya langsung nelfon ke nyokap gue. Gak lama dari itu, bokapnya afi dateng, trus teriak dari pager ke teras. Kita kasih tau lah kalo aki udah dibawa ke rumah sakit, akhirnya bokapnya afi itu langsung pergi ke RS.

Sampe maghrib, gue lupa… Antara nenek gue atau nyokapnya afi pulang ke rumah buat ngambil baju aki untuk nginep disana. Aki masuk ICU, jadi pasti dirawat. Abis ngambil baju aki, langsung pada pergi lagi ke RS. Gue pengen ikut, pengen nengok aki, tapi kata nyokap nanti aja kalau udah baikan, soalnya di RS juga lagi repot, adiknya aki lagi pada dateng. Malem makin larut, katanya kondisi aki belum membaik. Trus gue sama afi sholat isya berjama’ah, sebuah kegiatan yang jarang banget dilakuin. Berjama’ah. Selama ini kita selalu sholat sendiri-sendiri, tapi waktu itu jadi pengen berjama’ah. Trus kita berdo’a bareng, ujung-ujungnya nangis pengen aki sembuh.

Waktu gak tau diri, tiap jam itu berganti cepeeet banget. Sampe jam 11 ada yang ngebel… Jerry sama Om Ai dateng ke rumah… Begitu masuk, Jerry langsung bilang ‘aki tatan meninggal..’

Oke, gue gak nangis, gue gak degdegan, gue gak ngerasain apa-apa sih sejujurnya. Trus jerry bilang lagi ‘Mana karpet, bantu beres-beresin ini dulu.’ katanya. Gue.. Dengan perkasa membawa karpet dari gudang atas ke ruang tamu bawah. Bareng afi sih. Tapi itu perkasa banget kan? Kursi-kursi di ruang tamu ditaro di teras untuk sementara, trus ruang tamu digelar karpet. Belum juga selesai beres-beres udah ada sodara yang dateng.. Padahal itu udah tengah malem. Duduk duduk aja… Gue sama afi diem di atas.

Sekitar jam 1/setengah 2 dini hari, ambulance baru dateng. Harusnya dateng lebih cepet tapi gara-gara pihak RS A*vent-nya lama, jadi penyediaan ambulance juga lama. Trus… Jenazah aki dibawa ke ruang tamu, ditidurin di kasur yang udah kita sediain. Gak tinggi, cuma kasur rendah, rangka ranjang-nya juga pendek. Pendek banget malah. And that time… I still can’t believe, I didn’t feel sad at all. Gue ga pingin nangis, cuma ngeliatin aja.. Ngeliat proses dikafaninnya, tapi ga liat proses dimandiin /yaiyalah.

Begitu selesai di kafanin, kita semua duduk. Rumah udah penuh, tapi itu baru sebagian orang yang masih di daerah bandung. Ada keluarga adiknya aki yang non-islam, belum semua. Ada keluarga dari nenek gue yang tinggal di bandung, belum semua juga. Ada supir langganan, satpam-satpam, tukang kebun, tukang benerin rumah, ada tukang ojeg langganan juga yang udah dari SD sampe SMP nganter jemput orang2 rumah. Begitu kita berdo’a, gue baru pengen nangis, gue baru sadar kalau aki bener-bener udah nggak ada.

Tamu-tamu yang rumahnya deket pada pulang, sementara yang rumahnya jauh nginep di rumah. Jam 3 masih ada yang dateng, temen-temen bokap gue. Pas lagi rame, gue ikut sholat jenazah. Pertama kali dalam hidup gue ini. Akhirnya jam 4 gue tidur, jam 6 baru bangun karna ngantuk-_- Pas lagi wudhu buat sholat subuh kesiangan, gue denger dari masjid At-Taqwa.. Pengumuman orang meninggal. Tanggal sekian, bulan sekian, taun sekian, jam sekian.. Dan nama yang disebutin itu nama kakek gue. Selama ini gue selalu denger nama yang disebutin itu nama yang gak gue kenal. Berhubung KPAD ini komplek TNI, jadi yang tinggal juga udah pada lansia. Dan pagi itu.. Barulah gue denger nama kakek gue disebutin.

Aki dimakamin jam 11 pagi, karena nunggu Bos, bunda, davi sama qila dateng. Begitu nyampe garasi, Bos langsung lari masuk, bunda ngasihin qila dulu ke afi sementara gue meluk davi. Mereka bocah-bocah. Gak lama dari itu, baru gue ajak davi sama qila masuk rumah, ngeliat aki. Sumpah rumah sesek banget pas itu. Gue berdiri disampingnya mama sari, trus gue bilang ‘jadi pengen nangis’ akhirnya mama sari bilang, ‘nangis aja teh…’ dan gue nangis di bahunya mama sari. Sungguh, bahkan anak TK kayak Davi aja udah ngerti arti kehilangan karna dia ikut nangis. Qila bahkan yang lebih kecil juga ikut nangis.

So it was my last day… My last chance to see my lovely grandpa.

Dan gue baru sadar, aki emang agak pendiem pas hari meninggalnya. Paginya beliau nraktir orang rumah bubur ayam yang suka lewat pagi-pagi. Thank you grandpa, you’ll always be in my heart.. Forever.

Lot of Love for you ❤

Sincerely, cucu yang lagi kangen sama Aki :’]

Diterima Apa Adanya Kok

