Pulang Sekolah Sendiri Naik Angkot

Siang.

#nowplaying Love on Top – Beyonce

Sedikit aneh mungkin karena gue ngeblog jam 15:55 waktu indonesia bagian rumah Audris, karena jam segini biasanya gue belum dirumah mengingat jadwal Pelnus yang sebenernya gak padet-padet amat HAHA.

Mungkin aneh buat baca judulnya aja. Kenapa? Ya.. Karena hari ini gue baru aja melakukan hal terekstrim, paling menegangkan, menakutkan… PULANG SEKOLAH NAIK ANGKOT SENDIRI. Ya. Menurut gue, di usia yang udah tua ini… 15 tahun dan akan menginjak usia 16 tahun akhir Juni nanti, sangatlah konyol mengingat naik angkot SENDIRI (perlu di caps ya sendirinya karena gue belum pernah naik angkot bener-bener sendiri) Eh pernah deng. Sekali, udah lama. Itu pun karena nggak ada yang jemput kayak tadi. Sebenernya gue bisa naik angkot, tapi entah apa yang bikin gue takut banget. Mungkin karena trauma nyasar dari depan Ciwalk yang harusnya ke Ledeng malah ke Tegalega. Sumpah, gue nggak akan pernah lupa kejadian itu. Kejadian yang diakibatkan saudara super sok tau gue, Izar namanya. Gue juga gak bisa nyalahin dia, soalnya emang udah jelas-jelas Izar nanya, beginilah conversation between Izar sama supir angkot depan Ciwalk.

Izar: Mang, ini ke Ledeng?

S.A: Iya

Izar: Oh yaudah

Dan gue, Izar sama Afi pun naik. Gue sama Izar seumuran, sedangkan Afi lebih muda 2 tahun. Mungkin karena emang ada firasat kita bakalan nyasar, omnya Izar yang buru-buru pulang dan rumahnya beda arah ngasih 50.000 buat ongkos. Gue mikir 50.000 itu adalah ongkos buat taxi sebenernya, tapi kita tetep naik angkot juga. TAPI ITU SANGAT MEMBANTU, MAN! Believe it or not, 1 orang aja ongkosnya lebih dari 4.000. Pokoknya karena Allah masih memberikan kami jalan, fortunatelly Izar ngasih tau katanya rumah neneknya itu di tegalega. Terus dia telfon nyokapnya yang akrab gue panggil ‘Mama Sari’. KITA PUN SAMPE KE RUMAH NENEKNYA IZAR DENGAN SELAMAT DUNIA AKHIRAT SETELAH KERINGET DINGIN MAMPUS.

Oke, balik ke topik awal (gue kalau OOT panjang banget yak)

Jadi ceritanya, tadi ada keanehan dari Paledang. Ale jualan jersey. Agak aneh sebenernya, tapi akhirnya gue beli juga tuh jersey away Chelsea yang item. ITU ANEH DUDE. Nggak ada badai, ga ada angin, gue kira dia boongan taunya beneran jualan jersey. Setelah itu pas masuk school bus, yang nyetir bukan Pak Teddy, melainkan Pak Dadang. Padadang padadang HOY, padadang padadang /ITU LAGU. ITU KEANEHAN KEDUA. Terus firasat gue nggak sebaik kemarin, walaupun hape disembunyiin sama Bellagus (bella bagus) dari Pelnus paledang sampe sukaasih. Sampe gue minjem hapenya pianis buat sms ibu yang gak kunjung dibales, akhirnya pas beli cuanki bellagus cengir-cengir sambil natap gue. HAPE GUEEE.

Tapi gue berhasil pulang.

TERUS HARI INI… Firasat gue makin nggak enak mengingat kata ibu hari ini gue dijemput sama ojeg langganan. Ternyata… Setelah gue beli cuanki berharga 5000 depan Pelnus yang enak, plus es jeruknya Mas Iwan, ojeg langganan gue tidak kunjung datang. Gue telfon ke hape ibu gak kunjung di angkat. Trus basa-basi bareng Intandud, Tikadud, Divadut sama Nabiladud (Diva sama Nabilah adalah adik super lucunya intandud) Akhirnya ibu telfon pake telfon kantornya, yang gue hafal dengan nomor 0227blablabla itu berarti nomor telfon kantor ibu. Abis itu, Tikadud pulang, Intandud ke nyokapnya, sedangkan gue katanya pulang sendiri aja. WATDEHEEEELL.

Dengan mengotakkan tekad (bulet is too mainstream) gue akhirnya nanya angkot ke Intandud, katanya naik yang krem, atau yang ijo (gua merhatiin warna angkot, walaupun banyak yang sama) HINGGA AKHIRNYA GUE NYEBRANG DARI DEPAN RUMAH BUAH… SENDIRI. Sumpah gue takut banget nyebrang disitu karena banyak kendaraan. Tapi akhirnya berhasil! Gue berhasil nyebrang. Terus diem, nunggu angkot. Pas ada angkot warna krem, gue gatau cara berentiinnya gimana. Akhirnya gue tatap terus itu angkot, menyalurkan getaran-getaran orang mau naik angkot, sampe keneknya bilang “Ledeng?” terus gue ngangguk-angguk seraya angkot itu ngelewatin gue. JLEB. Eh ternyata itu angkot berenti kira-kira 2 meter dari tempat gue berdiri, kirain gue bakal ditinggal gitu aja. Gue nanya ke keneknya, “Panorama?”

Keneknya nanya lagi, “Panorama ledeng atau panorama lembang?” what the hell does that mean, setau gue panorama cuma 1 man. Akhirnya gua bilang ajadah, “Ledeng.” karena emang rumah gue bukan daerah atas banget. Terus gue naik. Dengan cemas, gue liat terus ke jalanan. Pas angkot berenti di depan SMP 12, karena keneknya menghilang entah kemana dan angkot tidak kunjung jalan, akhirnya gue diem. Bergelut dengan pikiran sendiri yang gaktau harus ngapain. Awalnya gue berencana ngomong ‘kiri’, tapi masa iya soalnya angkotnya aja udah berenti. Terus gue diem, gue bayar pake uang koin 500 2 biji, 1000 satu biji. Gue pindahin itu 3 koin ke tangan kiri, ternyata koinnya basah karena keringat di tangan kanan gue. Naik-angkot-sendiri-bisa-sampe-segitu-parahnya.

Hingga akhirnya gue memastikan si kenek ga akan naik angkot dalam jangka waktu sebentar, gue pun jalan ke tempat belakang supir, ngasihin duit sambil bilang ‘Turun disini aja.’ terus gue turun, AKHIRNYAAAA. Padahal naik angkotnya ga jauh, tapi entah rasanya kayak dari bandung utara sampe bandung selatan. Disepanjang perjalanan ibu terus whatsapp gue, bahkan dari naik angkot sampe pertengahan perjalanan, udah ada 4 whatsapp masuk dari ibu. Insane. Akhir-akhirnya beliau bilang, “Kalo ada yang ngajak ngobrol jangan diladenin ya, jangan ngobrol sama orang asing.” Dan gue broke that words because I talked sama supir angkot dan kenek. They’re still strangers, aren’t they?

Dengan daya ingat gue yang masih biru mengenai daerah UPI, gue pun jalan lewat gang yang ga besar amat, ga kecil juga, disebelah Seven Eleven sebelah SMPN 12. Gue tau gang itu dari Salma, kalo pagi sampe sore namanya Salma, kalo malem namanya Salim. Dia emang kelewat tomboy tapi agak cengeng juga HUHAHUHA <— bongkar aib. Terus gue jalan, udah lupa caranya pulang sekolah jalan kaki dari SMP sampe rumah bareng temen-temen terus di jalan biasanya suka beli basreng. How I miss that moment so much. Things had changed, some building around the street I used to see udah sedikit berubah. Walking through where some memories made is… Something. Something indescribable, something I… Want to do it all over again. Gue baru kelas 10, semester 2, masih banyak kenangan yang nempel di otak selama 3 tahun SMP.

Intinya, apapun yang kita jalanin, enjoykan aja. Walaupun kadang pikiran gue masih ada di SMP padahal jasad ada di SMA.

So… Today is my extremely incredible experience was made and flashback’s day. Or… Perhaps I better to call it as.. Semi-De Javu’s day?

Bye :]

Diterima Apa Adanya Kok

