Soal Move On

Lagi liburan dadakan, posisi di Bandar Lampung (ada wifi gratis di penginapan jadi ngepost dulu).
Setelah gue terdampar di pulau antah berantah (diceritain pas udah nyampe rumah) selama sehari semalem dengan sinyal kayak gini dari sore menjelang maghrib sampe pagi:

image

image

Gue jadi lebih peka sama keadaan. ASEK BOR. Iya, jadi gue nggak melulu terpaku sama gadget, nggak asik sendiri, nggak nunduk terus. Pas sorenya gue duduk dipinggir pantai, nikmatin kejombloan kesendirian ditemenin suara ombak sambil dengerin lagu Payung Teduh. Gue ngelamun, biasanya kalo lagi ngelamun gitu pikiran gue suka kemana-mana. Tapi entah kenapa saat itu nyampenya ke… Ehem… Move on.
Kalo dipikir-pikir, move on itu kayak pasir yang tersapu ombak.
Diibaratkan gue bikin tulisan/istana pasir, sebut aja itu karya, di pinggir pantai sedemikian rupa. Nggak akan lama, ombak pasti ngehancurin karya gue. Satu/dua sapuan ombak, karya gue hilang begitu saja, bersih, tanpa bekas.
Begitu juga soal move on. Yang namanya move on itu berarti kita bersih dari berbagai macam hal berbau masa lalu. Nggak ada lagi bayang-bayang masa lalu karena kita hidup di masa sekarang, mengukir masa depan. Setelah karya di pasir itu hilang, jangan bikin karya yang serupa dengan sebelumnya. Kenapa? Soalnya itu sama aja kayak kita masih diselimuti masa lalu. Mungkin ini nggak sesederhana karya yang tersapu ombak, mungkin buat sebagian orang nggak akan secepat itu. Tapi mau cepet/lambat, kita pasti melangkah maju, ngebiarin kenangan tetap jadi kenangan. Karena sekuat apapun kita ngejaga karya di pasir itu, pasti akan hilang pada waktunya. Saat itu terjadi, gue yakin bahwa kita udah berhasil move on.
Abis lamunan absurd itu, gue menghela napas panjang, “Ini kok sinyal jadi nggak ada sama sekali sih,” lalu gue pasrah.

image
Source:Tumblr.

Iya, jadi yang namanya move on itu nggak pake buka lembaran lalu apalagi menghidupkan kenangannya lagi. Di kasus yang lebih berat, malahan pada ngebandingin chapter lama sama chapter baru. Basi.
Jadi buat yang belom berhasil move on… Kasian deh. Bercanda. Yang belom berhasil, belajarlah dari pasir yang tersapu ombak. Sabar, setiap hal butuh proses. Kita juga sebenernya yang nentuin berapa lama proses itu. Hehe

9 thoughts on “Soal Move On

  1. Dalem ya Audris ya hasil perenunganndi tepi pantainya. Hihihi. Semakin cepat moveon dari chapter yang lalu semakin banyak chapter yang bakalan bisa kebaca kan ya? 🙂
    Btw asli Lampung kok liburan ke sana?

    Like

    1. Asik dibilang dalem (?). NAH! Bener banget! Banyak dan pastiii lebih bagus daripada chapter sebelumnya.
      Nggak, abdi mah asli Bandung. Itu mah emang dadakan aja berikut pada libur juga wkwk.

      Like

  2. haha move on, tema nya masih menyangkut itu toh. masih nyaman di ruang lingkup itu? ga akan pernah move kalo kamu masih mikirin dia. apalagi masih nyangkut-nyangkutin semuanya sama dia. yang kamu lakuin cuma bicara dalam kata bukan dalam nyata.

    Like

  3. Pingback: Lampung: Kiluan Dolphin | Read Out Loud

Diterima Apa Adanya Kok

