Bicara Soal Musik

#nowplaying Jungle Bae – Skrillex & Diplo ft. Bunji Garlin.

“Wah lagu Audris begini ternyata,”

“Waduh Audris diem-diem nyimpen lagu ginian,”

Begitulah, selalu ada komentar tentang musik yang gue suka. Sebagai penikmat musik random, gue tentu punya kesukaan buat setiap musik dari yang mellow-mellow macam lagu nikahan, keroncong, sampe yang bikin pening kepala. Pernah di satu hari gue nyetel lagunya Bring Me The Horizon terus nenek gue protes, “Lagunya bikin pusing ya,” yaudah, gue merasa itu adalah isyarat ‘Cepet ganti lagunya woy’ secara halus. Pernah juga di satu malam, gue nyalain lagunya Payung Teduh terus tante gue nyeletuk, “Kok suka lagu kayak ginian sih, pindahin ah bikin ngantuk!” Yaudah, gue pindahin lagi lagunya.

Jadi setiap pergi bareng keluarga, gue udah punya playlist sendiri berisikan lagu-lagu yang sekiranya nggak asing di kuping mereka. Kebanyakan lagu jadul kayak lagunya Barry Manilow, Frank Sinatra, George Benson, Vina Panduwinata, Boyz II Men dan masih aja gue dapet celetukan. “Kok suka lagu-lagu jadul sih?”

Gue juga suka banget ngedoktrin orang biar suka sama lagu yang menurut gue bagus. Biasanya semua berlangsung kayak gini:

Temen: Dris bagi lagu dong yang enak

Gue: Boleh, sukanya lagu kayak gimana?

Temen: Gimana aja deh yang menurut kamu enak

Gue: Bentar ya

Setelah itu gue milihin lagu-lagu yang menurut gue bagus tapi nggak semua. Maksudnya? Jadi dari setiap artis biasanya gue cuma kasih 1 atau 2 lagu aja, biar temen gue denger dulu itu tipe lagu kayak gimana. Biar mereka juga mengerti kesukaan mereka akan musik itu ada di genre apa. Azeek. Beberapa hari kemudian, biasanya ada tambahan.

Temen: Eh lagunya Banda Neira yang kamu kirim enak juga

Temen lain: Dris lagunya enak tapi ada yang bikin ngantuk, tapi gapapa lah aku mau minta lagi ya

Temen lain lain yang melihat aksi permintaan lagu: Dris aku juga mau lagu dong

Begitulah, gue kira aksi permintaan lagu nggak bakal ada di jaman kuliah gini. Tapi ternyata permintaan terbanyak ada pas kuliah ya.

image

9gag emang kampret, selalu berhasil bikin gue tersenyum bahkan ketawa disaat gue lagi nggak pengen.

Tapi gambar di atas itu cukup menjelaskan beberapa aliran musik berbeda secara apa adanya.

Ngomongin musik emang nggak pernah selesai, mulai dari musik jaman dahulu yang melegenda, sampai musik jaman sekarang yang kebanyakan liriknya diulang-ulang kayak Love Me Like You Do walaupun harus gue akui lagu itu cukup enak karena gitarnya gampang. Ahahay.

Buat gue, karena telinga gue cukup fleksibel buat menangkap banyak aliran musik, jadi yang rame sekalipun nggak masalah. Tapi telinga gue nggak bisa nerima yang namanya teriak-teriakan atau dalam istilah sunda mah disebutnya nge-scream. Jujur aja gue nggak bisa nerima hal itu karena gue sama sekali nggak ngerti apa yang si penyanyi lantunkan. Sayangnya, kadang lagu-lagu yang musiknya kece itu nyanyinya teriak-teriakan. Kan sebel. Kalo teriak-teriakannya masih dalam batas wajar dan nggak lama-lama, telinga gue masih bisa nerima walaupun kekecean lagu tersebut berkurang.

Kalo disuruh memutuskan, selera musik apa yang paling gue suka, jawabannya adalah….

Semua.

Kecuali rap.

Karena nggak bisa nyanyinya.

Dan semua lagu yang ada screaming-nya.

Ada rekomendasi lagu, mungkin?

23 thoughts on “Bicara Soal Musik

  1. Waaaaa ๐Ÿ˜€ selera musikmu bagus juga ya mbak :)) hihiii bisa diajak sharing nih ๐Ÿ˜€

    Bandaneira baguuuus :3

    Mmm… yang scream nggak suka ya mbak? Aku suka sih mbak, asal masih ada clean-nya kayak Alesana gitu. Tapi kalau fullscream, nggak suka ah, nggak tau kenapa August Burn Red bisa ada yang betah ndengerin lagunya -_-

    Rekomend lagu? karena selera kita sama, mungkin kamu udah tau beberapa lagu ini :

    All time low – missing you.
    Afternoon talk – there’s one thing you should know
    teman sebangku – menari
    chunk no captain chunk – playing dead
    sleeping with sirens – better of dead :))

    dan masiiiih banyak lagi ๐Ÿ˜€

    Liked by 1 person

    1. Selera musiknya sama! Hahahaha. Banda Neira asik, tapi aku lebih suka Payung Teduh sih wkwk.
      Kalo Alesana menurutku udah kebanyakan ngescreamnya padahal drumnya asik huhu, jadi telingaku udah gak bisa nerima lagu-lagu Alesana.

      Missing You favoriiiit wkwk, Remembering Sunday – All Time Low juga lumayan.
      Waah aku malah belum denger Afternoon Talk sama Chunk No Captain Chunk. Makasih rekomennya! Hahay
      SWS mah favorit bangeeet, tapi aku kurang suka lagu-lagu di album Madness. Lebih suka yang jaman-jaman lagunya berjudul ‘Scene one, blablabla’

      Like

      1. Suwer nih mbak, selera kita sama bangetttt deh ya ๐Ÿ˜€ Aku dengerin lagu payungteduh itu waktu tahun 2012 mbak, jadi sekarang udah agak-agak biasa gitu ๐Ÿ˜€
        Asik banget sebenernya alesana, cuma ya gitu, screamnya agak gimana. tapi tetep keren ah ๐Ÿ˜€

        Aaaaakh, sama. Missing You favorit juga :3 wwkwkw yang di album oldscarsfutureheart aku hampir suka semua ๐Ÿ˜€ remembering sunday, edan liriknya mbak :’

        Afternoontalk kece, chunknocaptainchunk kece :3 dengerin deh mbak ๐Ÿ˜€

        Aaaah, padahal album madness bagus-bagus loh mbak. nah, kalau di album ‘If you were a movie, this would be your soundtrack’ itu mah accousticnya juara mbak ๐Ÿ˜€

        aaakah senengnya ada yang satu selera musik juga ๐Ÿ˜€

        Liked by 1 person

      2. Aku juga sekarang udah gak begitu heboh kalo ada Payung Teduh, mungkin bakal heboh lagi kalo mereka rilis album baru. Tapi… Kapan… Huhu ๐Ÿ˜ฆ
        Screamnya kurang enak, ngeri kalo menurutku sih wkwk:)) baca liriknya kayak lagi baca cerpen, bercerita banget!
        SENENG BANGET! Nasib jadi kaum minoritas di antara orang-orang yang gak satu selera hahaha:))

        Like

      3. Tunggu aja mbak ๐Ÿ˜€ pasti keren deh. mereka bakal bikin lagu-lagu syahdu lagi ๐Ÿ˜€ wkwkwk
        Wkwkwk iya kalau lirik-lirik lagu scream itu kayak curhatan wkwkw pantesan di scream, malu sih kalau clean gitu wkwkw

        hihihi tosss dulu dong mbak ๐Ÿ˜€

        Like

  2. Bahahah.. Aku jugak sukak Bring Me The Horizon. Dulu sukak sama Muse, MCR, Iron Maiden. Tapi sekarang lebih seneng sama lagu-lagu yang easy listening kayak Maroon 5 ๐Ÿ˜€

    Eh, Payung Teduh jugak enak lagunya. Entah kenapa jadi selalu keinget Jogja ๐Ÿ˜›

    Like

    1. Yeaaay! BMTH! Muse kurang suka sih, tipe vokalnya aku kurang suka hehe. Iron Maiden sama MCR kurang suka juga aku ๐Ÿ˜ฆ hehe. Maroon 5 album sekarang emang enak-enak yaaa, beberapa lagu mereka masuk playlist favoritku kayak It Was Always You, Leaving California sama New Love. ๐Ÿ˜€
      UHUUK ada yang lagi #kodekeras #samayangitu :))

      Like

Diterima Apa Adanya Kok

