Perihal Patah Hati

#nowplaying Cinta Sendiri – Kahitna.

Biar aku yang pergi, bila tak juga pasti.

Adakah selama ini, aku cinta sendiri?

Kalo ada yang mengira bahwa ini postingan soal penulis yang baru patah hati, salah, kalian salah besar.

Jadi, patah hati dan sakit hati itu rasanya kayak gimana ya?

Pertama, biar gue perjelas definisi patah hati dan sakit hati itu seperti apa. Patah hati adalah kondisi dimana hati seseorang… Patah.

Oke gagal.

Setangkep dan sepemahaman gue, patah hati akan menimbulkan sakit hati. Gitu bukan?

Pertanyaannya adalah, gimana rasanya patah hati? Maksudnya, patah hati dalam konteks cinta. Jaman sekarang, patah hati kayaknya banyak banget bentuknya. Nggak jadi ketemu sama idola, patah hati. Mention nggak dibales sama artis, patah hati. Idolanya nikah, patah hati. Nilai ujian nggak memuaskan, patah hati resiko sih. Gue beneran bingung sekaligus iba buat orang-orang yang ‘sampe segitunya’ menerima kenyataan bahwa penghuni hatinya pergi setelah mengacak-acak bentukan hati mereka yang asli.

Mungkin ini terdengar aneh buat yang baca dan pernah ngerasain patah hati.

Tapi buat gue?

Ini adalah tantangan, kawan! Ini impian gue dari 2 tahun yang lalu, yang berarti tahun ini masuk tahun ke-3. Gue pengen juga merasakan dan melakukan apa yang orang-orang lakukan saat patah hati. Seperti nangisin cowok, curhat semaleman sama sahabat-sahabat atau bahkan orang yang nggak deket pun biasanya gue curhatin juga dengan alasan si orang yang nggak deket ini nggak tahu apa-apa soal orang yang jadi tokoh utama curhatan gue jadi nggak akan ada komentar keluar darinya, nulis-nulis postingan galau, kepsyen ig jadi galau, check in lagu-lagu galau di Path bahkan banyak sampe yang nggak makan seharian. Ya gue mau dong nggak makan seharian, biar kurus. Tapi rasanya kalo gue yang mengalami patah hati, malah nafsu makannya bakal bertambah bukan berkurang.

Terus, apa manfaat patah hati?

Gue… Mau… Merasakan aja. Seenggaknya gue pernah patah hati sekali seumur hidup sampe gue ketemu jodoh. Eaaa. Emang sih nggak ada manfaatnya, tapi justru ketangguhan seorang wanita itu dilihat dari seberapa kuat hatinya menanggung kepatahan cintanya. Hm. Bahasanya agak nggak keren dan sedikit janggal.

Gue pengen merasakan akibat patah hati yaitu sakit hati yang rasanya menusuk-nusuk dada. Yang rasanya mungkin akan membuat sesak dan tidak fokus. Yang rasanya nyesek, lebih nyesek daripada kurang nol koma sekian sekian dari nilai rata-rata di ujian.

Gue pun udah siap untuk menulis postingan soal… Seorang pria yang nantinya berhasil meluluhkan hati gue ini. Sampe tahap jika pria itu mungkin menyakiti gue. Gue akan tulis semuanya, walaupun jujur aja gue kurang suka memamerkan kesedihan, tapi siapa tau gue bisa jadi peramu diksi yang indah.

Sebenernya Audris pernah punya gebetan, nggak sih?

PERNAH LAH HAHAHA. Pernah, pernah banget. Tapi apalah arti dari ngegebet orang atau bahasa lebih pasarannya ngeceng kalo kita hanya diam-diam memendam rasa saja. Gue nggak tau apa ‘ngeceng’ itu dipake diseluruh Indonesia atau daerah gue aja, tapi disini lebih beken dengan kata ngeceng. Berbeda dari kebanyakan orang, gue yang punya prinsip nggak pacaran dulu lebih milih menjadikan apapunnya normal. Gue nggak pernah menggebu-gebu mengejarnya karena gue pun hanya dalam konteks ‘ngeceng’, kalo dalam artian yang gue pahami, itu hanya sekedar…. Kagum sedikit berlebihan.

Ada hal dalam dirinya yang gue nggak kuasai, ada hal dalam dirinya yang bikin gue penasaran, ada hal dalam dirinya yang buat gue kagum, ada hal dalam dirinya yang akhirnya bikin gue nginget-nginget lagi kenapa gue sampe bisa ngeceng dan ada hal dalam dirinya yang bikin gue nggak percaya kenapa sampe ngeceng si orang ini. Begitulah kira-kira rasanya ngeceng orang. Gue nggak menaruh harapan, karena gue nyaman dengan hanya sekedar berteman. Tapi itu dulu, gue belum ngeceng-ngeceng orang lagi sekarang. Huft.

Apa yang sudah dipersiapkan?

Alasan kesekian kenapa gue ingin patah hati adalah, gue udah mempersiapkan quotes-quotes sesuai siklusnya. Mulai dari ngeceng –> menaruh rasa yang lebih –> perasaan gue ternyata terbalaskan –> gue disakiti –> gue sedih-sedih –> proses pindah hati –> males berurusan dengan cinta untuk beberapa waktu –> terakhir mendapatkan hati yang baru.

Gue udah nyiapin itu semua, jadi masa nggak ada yang dipake satu pun? ๐Ÿ˜ฆ

Rugi banget kan udah donlot banyak gambar dari Tumblr tapi akhirnya cuma disimpen. Kalo udah tahap gue disakiti dan sedih-sedih kan quotes-quotes itu bisa dijadiin profile picture line gue. Aha aha aha. Terus alesan gue buat naruh quotes-quotes kayak gitu adalah, gue emang orangnya suka terenyuh hanya dengan membaca barang 5-15 kata yang dikemas dalam sebuah gambar ciamik. Gue suka banget baca quotes, selain mengasah Bahasa Inggris yang seadanya, gue pun bisa berfantasi ria membuat adegan yang cocok untuk quote itu. Contohnya seperti ini:

image

image

Um… Tapi, patah hati nggak harus dengan jalur pacaran kan? Bukannya jaman sekarang lagi ngetren banget dimana kedua makhluk saling menyimpan rasa, tapi memilih untuk nggak menggunakan status pacaran. Kebanyakan dari mereka terlalu nyaman dikondisi seperti itu, jadi untuk apa pacaran? Jika mereka tahu kalo perasaannya sama-sama terbalaskan. Karena sesungguhnya pacaran itu hanya status.

Quote untuk hal kayak gitu juga ada, contohnya:

image

Jadi, kapan kira-kira gue patah hati?

31 thoughts on “Perihal Patah Hati

  1. Audris tolong duh tolong, aku tuh baru sahur udah dibikin ngakak kayak begini.

    Nanti, barangkali akan tiba dimana ada seseorang yang bisa bikin kamu jatuh-sejatuhnya urusan mencintai, kamu bukan Audris yang biasanya, sistem kerja jatuh cinta gak bisa ditebak-tebak, tapi semoga momen itu kamu ketemu sosok yang tepat, sebab perempuan paling kuatpun akan dibuat tidak karuan hatinya jika patah hati, dan butuh banyak usaha untuk berhenti. #apacumanakuyangbaperabisbacapostinganAudris

    Ngumpulin caption buat amunisi patah hati, Oh Tuhan, dedek gemes :#

    Like

    1. WGWGWG! Dan saat itu tiba, dimana aku jatuh-sejatuh jatuh jatuh sangat jatuh dalam mencintai, aku pun sudah siap quotesnhya. Walaaah kadang suka takut gitu untuk menghadapi patah hati cumaaa aku tetep ingin merasakan :’) mungkin aku belum dikasih sakit hati karena sampe sekarang Allah masih tau aku sedikit-banyak belum siap untuk itu. Eaaa~
      Quotes siap dari awal sampe akhir, cuma nunggu waktu aja wkwk.

      Liked by 2 people

  2. Ngakak baca, baru kali ini ada yang ingin patah hati…

    Trus pas di kalimat ” Gue nggak menaruh harapan, karena gue nyaman dengan hanya sekedar berteman” penulis sok2 tegar gitu, padahal hati kecilnya sangat berharap … hahaha ๐Ÿ˜‰

    Liked by 2 people

  3. Kapan audris patah hati? Besok mungkin, atau lusa atau besok lusanya lagi, atau besok lusanya lagi atau besok lusanya lagi.
    Atau
    Gak akan pernah patah hati?
    Who knows?
    Jadi, kenapa ga di patahin sendiri?

    Like

      1. Pengen banget di patahin?
        Kenapa ga doa aja? Minta patah hati sama allah, biar bisa tahu dan menghargai, enaknya ga patah hati hahahaha, Good idea kan?

        Eh iya ya

        Like

  4. Jadi, Audris belum pernah pacaran gitu? Hahahaha
    Ah ini mah nanti nggak seru jadinya, patah hatinya udah dipersiapkan o, nggak implusif. Harusnya jangan disiap-siapin patah hatinya, biar lebih kerasa. Biar bisa jadi postingan yang natural kan ya? Hehehehe

    Like

    1. Belooom hahaha. Aku hanya menyiapkan amunisi menuangkan patah hati ini kok kayak quotes quotesnya, kalo hatinya sebenernya aku ga yakin 100% untuk siap patah hati atau belum wkwk

      Like

  5. Ngomongin patah hati, kayaknya aku sering deh. Tapi pada masa SMP, SMA sampai semester 2 sih. Variasi juga, kalau masalah dicinta-cintaan, aku pernah patah hati sampai nangis didepan si cewek pas cintaku ditolak dan si cewek lebih milih jadian sama adik kelasnya. Aku pernah patah hati sampe ngurung diri di kamar saat putus sama pacar. Aku pernah patah hati gara-gara gebetan nolak mentah-mentah dan ngeblok BBMku. Dan mungkin akan patah hati lagi kalau kamu… nggak ngerespon aku nantinya. Mungkin sih. Mungkin. Aku kan diam-diam suka sama kamu. Diam-diam. Kamu nggak boleh tau ya?

    Tapi diumurku yang udah 22 tahun dan di muka yang udah kayak 95 tahun, aku menanggapi patah hati sebagai siklus yang pasti dan yaudahlah aja. Aku nggak terlalu segimana gitu lagi kalau sekarang patah hati. Lebih ke diem – Introspeksi – sadar diri – kemudian yaudahlah ya, mungkin emang akunya yang kurang.

    Ya begitu.
    Jadi, besok kalau kamu patah hati. Jangan patah-patah banget. Selo aja. Udah nyiapin quote yang memberi semangat kan? Atau… datang ke aku aja. Biar aku benerin kepatahanmu itu.

    Tengkyu.

    Like

    1. Sampe nangis depan ceweknya? Waaaw! Udah expert masalah patah hati banget ini, kayaknya aku harus berguru biar tau cara menanggulangi patah hati pertama nanti huahuahua. Aku pengen nanti pas patah hati jadi kurusan ๐Ÿ˜ฆ wkwk
      Okey, diam-diam ya berarti aku gatau aja gitu ya? Boleboleee~ wkwk
      HAHAHA nggak 95 juga:( oalaaah jadi udah ga ada kemungkinan akan patah hati lagi gitu ya? Leh ugaaa. Udah :’) dari quotes pra galau sampe pasca galau udah ada semuanya udah siap hahaha. Ada garansi kalo patah lagi gak hatinya nanti? :))

      Like

      1. Iya :’ sedih ya -_- Expert karena sering dipatahin kalik :’)
        Wkwkwk harus banget yaaaaa berguru :p wkwkwkw aku malah berdoa semoga kamu nggak ada yang matahin hatinya ._.
        Wkwkwk bisa sih ._. kalau kamu sayaaaaang banget sama orang, terus orang itu mati atau nikah sama orang lain. pasti patah banget dan kamu bakal nggak doyan makan terus kurus :p wkwkw

        Iyaaa. Kamu nggak boleh tau kalau aku suka kamu ya? titik. Diem-Diem aja. Nggak ada yang boleh tau ๐Ÿ˜€

        HIhihi dasaaaar yaa ๐Ÿ˜€

        Garansi untukku memilikimu? *ini kenapa ngga nyambung ya wkwkw*

        Like

      2. Aamiin ya Allah, aku ingin patah hati tapi disisi lain agak takut juga jadi gimana ini wkwk.
        WAW! Berarti aku harus jatuh cinta sama orang yang bukan jodoh aku dulu atu yang bentar lagi mati biar sakit hati dan kurus ๐Ÿ˜ฆ wkwk
        Iya, oke, bungkam ini bungkam. Wkwk :))
        Memiliki lemak aku? Boleh kok ini silakan ambil lemak-lemak dalam tubuh ini~

        Like

      3. Aamiin ๐Ÿ˜€
        Yakalik pengen tapi takut ๐Ÿ˜ฆ duuuh, kamu ini bagaimana sih wahai manusia yang manis adanya :3

        Iya ._. harus jatuh cinta sama yang bukan jodoh atau yang mau mati :’ wkkw sedih banget pasti nanti patahnya wkkw

        Hihihi makasih ya Dris ๐Ÿ™‚ kamu penyemangatku, boleh ya?

        Baiklaaah, sini lemak-lemakmu buat aku aja. Sini ajaaaa~

        Like

  6. Hahaha….
    Ada yang berharap ptah hati nih..
    Padahal di luar sana banyak loh yang tidak ingin patah hati..
    Bahkan kayaknya tidak ada yang pingin patah hati.
    Tapi harus disukuri loh kalo belum pernah pacaran..
    Klo menurut saya pcran hanya buang buang waktu..

    Like

    1. Mereka kan tidak ingin patah hati karena udah pernah merasakan patah hati:( kalo aku kan belum wkwk.
      Iyaa alhamdulillah, semoga tetap nggak pacaran sampe nikah wkwk

      Like

  7. Pingback: Perihal Patah Hati 2.0 – Read Out Loud

Diterima Apa Adanya Kok

