2016’s Lesson, Best Nine dan Resolusi Kurus

#nowplaying Blue – Aaron Taylor.

The end is near!

I never thought that 2016 would be this amazing! Comparing to last year, 2016 is unpredictably amazing. I met new people, experienced so many new things, there were things that coloured with lots of happiness, anger, even frustration. Joined on several events’ committee and throwing away college’s task carelessly is way too often. Getting so sleepy during class because of those (not really a) sleepless nights. Stayed overnight in friend’s place were uncountable because I’ve got no chance for getting back home. Going home after a long tiring night at 6 A.M in order to going back to campus at 07.30 A.M is totally normal.

And yes, indeed, 2016 has taught me new lessons.

I am going to recap this year’s lessons into one post!

Balik lagi ke Bahasa Indonesia in order to avoid grammatical error and ended up ashamed myself because of it.

Ada beberapa hal yang gue pelajari di tahun 2016 ini. Berikut beberapa hal tersebut:

  1. Bersyukur. Gue sadar kalau segala yang terjadi, segala yang gue dapatkan, segala yang hilang, sejatinya emang harus disyukuri. Segala kekurangan, segala ketidaksempurnaan, gue sadar kalau masih banyak orang-orang diluar sana yang pengen mendapatkan hidup yang gue dan teman-teman lain dapatkan. Gue bersyukur kenal sama orang-orang baru. Gue bersyukur kehilangan orang-orang yang pernah deket entah itu perihal hati atau sekedar berteman. Gue bersyukur akan nikmatnya lelah mengerjakan sesuatu, lelahnya menjalani tahun ini. Gue bersyukur, alhamdulillah, terimakasih untuk semua yang diberikan sama Allah SWT pada tahun 2016 ini.
  2. Kerjasama. Gue belajar banyak dari kerjasama. Sesederhana kelompok setiap field trip dimana kerjasama adalah hal utama. Terimakasih atas kerjasamanya, 2016.
  3. Tidak bergantung. Gue sadar bahwa kita nggak bisa selalu bergantung sama satu hal atau seseorang. Gue sadar bahwa apa yang gue rasakan, entah itu sedih, seneng, kecewa, semuanya muncul dari gue sendiri. Gue nggak menggantungkan kesenangan, kekecewaan, kesedihan, terlebih lagi harapan pada seseorang. Semuanya gue yang mengontrol, bergantung pada sesuatu atau pada seseorang nggak akan menolong terlalu banyak.
  4. Mengalir. Gue belajar bahwa untuk menerima segalanya, gue harus terlebih dulu mengikuti arus, apa adanya, jangan memaksa untuk kembali. Untuk menerima sesuatu yang baru, gue harus berjalan seperti arus pula, mengalir, mengikuti sampai ke hilir.
  5. Nikmati. Yang terakhir paling penting menurut gue adalah menikmati. Nikmati prosesnya, nikmati hasilnya, nikmati jatuhnya, nikmati bangkitnya. Jangan dibawa tegang, jangan dibawa pusing, nikmati aja. Walaupun mungkin bikin lelah, bikin pengen nyerah, tapi kalau dinikmati, nggak akan ada hal-hal yang bakal terlalu berat untuk kita.

Kira-kira begitulah pelajaran dari 2016 yang gue dapatkan. Intinya, terimakasih 2016! Untuk orang-orangnya, untuk kejadian-kejadiannya, untuk kesenangannya, untuk kesedihannya, untuk semuanya. Gue mungkin belum cukup dewasa di 2016 ini, di umur 19 ini, di semester 3 yang sudah berakhir ini. Gue pun nggak punya terlalu banyak resolusi untuk 2017, gue hanya berharap agar menjadi lebih baik dan menjadi kurus. Yha. Ternyata resolusi gue untuk kurus udah ada dari tahun 2015, tapi ternyata sampai berganti tahun ke 2017 gue tidak kunjung kurus. Mari tumbuhkan lagi resolusi untuk kurus di tahun depan. Semangat!

Untuk tambahan, sekarang kan udah ada best 9 di instagram setiap tahun mulai dari tahun 2015 kemarin, gue pun ngecek lagi tahun ini. Untuk yang ingin ngecek, bisa klik ini.

Ketahuan banget tukang ngespamnya.
Ketahuan banget tukang ngespamnya.

Setelah melihat hasilnya, gue jadi bingung. Kenapa yang masuk best 9 itu yang guenya terekspos:( Kenapa nggak foto-foto pemandangan atau foto konser atau apa gitu. Gue kecewa dengan hasil best nine yang ternyata dodiminasi oleh kenarsisan gue tahun 2016 ini. Ternyata gue menyadari kalau pasar instagram itu lebih menyukai foto penampakan pemilik instagramnya sendiri ketimbang foto muka orang lain yang dipost pemilik. Huhu.

Sekali lagi, terimakasih dua ribu enam belas. 🙂

15 thoughts on “2016’s Lesson, Best Nine dan Resolusi Kurus

Diterima Apa Adanya Kok

