Begadang, Kesehatan dan Pesan Moral

#nowplaying Coastal Love – Honne.

Pokoknya kalau ada yang ngelarang begadang, nurut aja.

Gue baru sadar, udah dua minggu terakhir ini gue nggak pernah absenย begadang. Mulai dari pas ke Bekasi dan Jakarta dimana postingannya bisa dilihat disini, sampai tadi malem. Pas disana, biasanya gue tidur jam setengh dua, ada juga yang gue tidur jam setengah tiga dini hari. Pulang darisana, gue masih dikejar UAS matkul metodologi penelitian yang disuruh bikin Usulan Penelitian atau yang biasanya disingkat UPE, e-nya dibaca keras-keras. Karena gue yang suka menyepelekan tugas, akhirnya malam setelah nyampe Bandung, gue nggak tidur sampai subuh. Setelah sholat subuh, gue langsung ketiduran dan bangun lagi jam 9 pagi. Gue sempet nyesel dan mikir gini, “Ah kenapa sih harus ketiduran, padahal dari subuh sampe jam sembilan itu bisa nambah-nambah isi upe.”

begadang

Terus gue lanjut lagi sampe besoknya dan sialnya gue ketiduran jam setengah 1 malem pas H-1 ๐Ÿ˜ฆ Sedih banget, berjam-jam terbuang begitu saja hanya karena gue ketiduran. Dengan beberapa jam menuju deadline, gue tambahin tinjauan pustaka dan sebagainya, sampe akhirnya dikirim ke e-mail dosen.

Yang kalian harus tau adalah, jangka membuat upe itu sebulan dan gue baru ngerjain H-3 deadline. Bodoh. Pesan moralnya, nggak lagi-lagi gue menunda tugas. Nggak akan terlalu sering, maksudnya. Haha.

Oke lanjut soal begadang. Dimalam-malam berikutnya, gue nggak pernah tidur dibawah jam setengah 1. Apa aja yang gue lakuin? Edit video karena udah berkomitmen pada program #30HariBercerita dan gue tinggal tidur pas ngerendernya karena lama mampus, bisa dua sampai empat jam. Kadang kalo lagi bukan jadwal ngepost video, gue liat-liat 9GAG, chattingan sama manusia-manusia kalong, baca-baca cerita orang di #30HariBercerita atau nulis bahan cerita untuk dipost besoknya.

Gue dikasih tau sama beberapa orang, kalo keseringan begadang nanti bikin sakit. Terus gue sosoan strong, karena emang selama ini kalo begadang nggak pernah kenapa-napa, tubuh gue serasa udah biasa sama jam tidur yang amburadul gini. Hingga hari ini, tepat tadi siang, kepala gue mendadak pusing dan terjadilah drama kedinginan padahal cuaca lagi panas-panasnya, terus gue demam, terus gue ngebacot ke Afi yang lagi pake kutek,

“Kayaknya karena keseringan begadang deh.”

“Kayaknya karena bentar lagi udah kuliah deh.”

“Kayaknya karena kurang jalan-jalan deh.”

“Kayaknya karena hari ini nggak mandi deh.”

Terus Afi mau ke Griya buat beli bahan-bahan bikin cream soup dan gue ikut karena gue ingin membuktikan kalo kurang jalan-jalan bisa menyebabkan sakit. Yaudah, gue ikut pergi dengan kepala pusing.

Dan gue nggak mandi.

Iya, hari ini nggak mandi.

Karena airnya dingin banget.

Pulang darisana, asumsi gue soal kurang jalan-jalan akan menyebabkan sakit pun salah, kepala gue ternyata masih pusing terus Afi bilang, “Ini mah kayaknya gara-gara nggak mandi deh.”

Hm. Bisa jadi.

Akhirnya gue baru sadar kalo sekarang lagi musimnya cuaca labil atau pancaroba, maksudnya sehari panas, besoknya hujan, paginya hujan, siangnya panas banget atau kebalikannnya. Lalu gue bodoh dengan membiarkan tubuh ini tersiksa karena mengurangi jam tidur.

Pesan moralnya,ย kalo udah tau cuaca lagi nggak baik kayak gini, jangan sosoan strong. Nanti pasti ada saatnya tubuh kita capek dengan apa yang kita lakuin. Gue sadar kalo kesehatan itu sebenernya murah, kitanya aja yang biasanya menolak untuk bertahanย hidup sehat.

Pesan moralnya,ย kalo ada yang ngelarang begadang, nurut aja, nggak perlu sosoan strong gitu.

Pesan moralnya,ย kalo lagi nggak enak badan, jangan kebanyakan diem karena nanti malah makin kerasa. Mending nulis di blog sambil setel lagu, ditemani suara hujan dan harumnya cream soup yang baru jadi.

Makan dulu ya, kamu jangan lupa makan juga.

Eh kok.

Jangan lupa jaga kesehatan!

20 thoughts on “Begadang, Kesehatan dan Pesan Moral

  1. Lah gue kurus gini karena apalagi klo bukan begadang. Ga bagus Au. Dan gue komen ini jam 1 malam baru sampe rumah wakwak.
    Pesan moralnya: lagu honne 3am enak, tapi ga enak klo diterapin di kehidupannya nyata ya Au? Hahah
    Pesan pribadi: please jgn honne lg, baper gue. Buakakak *penting bgt ya gue ngomong gini*

    Like

    1. WIH. Hebat uga ya bisa kurus karena begadang, padahal katanya kalo begadang itu bisa bikin gemuk heu. Iya enak, diterapin di kehidupan nyata juga gapapa aku sih:))
      Baydewey, jangan lupa nonton Honne di 7th Music Gallery sama Kampoeng Jazz UNPAD ya. Promosi aja ini promosi

      Like

      1. Iya bener tau, begadang dimana-bikin kurus au -_-‘ tapi enak banget klo cocok begadang gitu terus gendut..
        Eh iyaa tmn gue dr kmrn udah ngabarin itu, sama di UI jg katanya, cuma gue cek satupun kayanya blm ada yg fix gitu..
        Gue ude ngebet beli yg di wanderland aja cuman kaga ada tmn buakaka…

        Like

  2. Dulu pas masih kuliah, saya kebanyakan begadang gara-gara asik main game sama buka medsos di hape. Alhasil pas di kelas sering ngantuk, ditambah ac kelas dan hawa bandung yang dingin. ๐Ÿ˜‚

    Like

  3. Begadang itu pelan-pelan membunuh. Saya sudah pernah pengalaman sakit keras gara-gara begadang, sekarang ogah banget begadang. Semenjak sakit itu tubuh juga sudah punya alarm sendiri, pasti ada yang aneh dengan perut sebelah kanan kalau saya masih bangun di atas setengah 12 malam. Betulan, kita mesti jaga kesehatan, semua nggak ada artinya kalau kita sedang sakit. Gws ya Mbak!

    Like

    1. Waw! Sampe sakit keras, alhamdulillah aku nggak kayak gitu:( tapi benersih, begadang pelan-pelan membunuh.
      Keren juga jadi ada alarm tubuh sendiri kalo lebih dari jam 12 malam, aku kok belum ada alarm tubuh ya ๐Ÿ˜ฆ Iyak, terimakasih do’anya walaupun sudah lama hehe.

      Like

  4. Saya sering banget tidur lewat dari jam 1 tapi gak merasa kenapa-napa. Atau mungkin, udah kenapa-napa tapi saya gak sadar karena udah biasa. Eh gimana sih. Ya gitu deh pokoknya.

    Kurang-kurangin teh begadangnya… karena biasanya kan cewek takut mata panda. Hehe

    Like

  5. Ini sama… Aku juga begadang mulu selama 2 bulan ini, minimal tidur jam 1an pagi… Terus aktifitas dari jam 7 pagi sampai jam 1an pagi terus… Dan akhirnya tumbang Dris… Emang deh ini begadang bikin nggak sehat, setuju aku ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    Like

      1. Iyaaaaa paraaah emang tidur terlalu malem hehehehe
        Btw, ini bales komennya juga hampir tengah malam… Kebiasaan begadang mulai timbul lagi pas udah sehat hahahaha
        Oh yaa kah? Ini gegara blog ku isinya spam semua kali yaaa? Hehehehd

        Like

Diterima Apa Adanya Kok

