Tips dan Trik Mendapatkan Foto Yang Bagus

#nowplaying Leaving Anthera – Rubah Di Selatan.

Kepo nggak, gimana caranya mendapatkan foto yang bagus?

Sebagai orang yang sekarang seneng difoto, tentunya pengen di setiap fotonya terlihat bagus. Gue punya beberapa tips dan trik dasar untuk mendapatkan foto yang bagus. Semoga ini berguna, biar stok buat ganti dp line atau upload instagram bisa lebih banyak. Ea.

1. Ketahui Wajah dan Aksesoris Yang Dipakai

Yes! Yang pertama adalah ketahui wajah sendiri itu kayak gimana dan aksesoris apa aja yang dipake. Gue pribadi berhidung lebar kurang mancung, mata yang cukup sipit, berkacamata dan berhijab. Terus habis itu gimana? Lanjut ke nomor dua!

2. Darimana Sumber Cahayanya

Melanjutkan nomor satu, semakin banyak aksesoris di kepala, semakin banyak juga bayangannya. Gue nggak boleh foto pas banget di bawah lampu, karena kerudung dan kacamatanya bakal menghasilkan bayangan yang mengganggu, matanya terlihat berat dan hidungnya terlihat lebih besar, kayak foto gagal ini.

Oleh karena itu, solusi gue setiap foto di bawah lampu adalah menengadahkan kepala, biar nggak kehalangan sama kerudung dan kacamata nggak berbayang.

3. Ketahui Arah Terbaik

Ini sih yang paling ampuh. Mana arah terbaik dari badan kalian? Kalau menghadap kiri, menghadap kanan atau bahkan lurus menghadap kamera? Gue pribadi sreg dan merasa lebih nyaman kalau menghadap kiri. Hampir semua foto gue yang nyamping itu lagi menghadap kiri.

Setelah dipikir-pikir, mengahadap mana itu udah menjadi semacam tombol auto-nya kalau di kamera. Setiap orang punya sisi yang berbeda-beda dan itu udah di setting sendiri sama tubuh kita. Mungkin hal ini nggak ampuh kalo posisi kita lagi nggak memungkinkan buat menghadap ke arah yang kita senangi, tapi kalo lagi sendirian gitu gue lebih ke tim #HadapKiri.

4. Ketahui Sudut Terbaik

Sekarang ketahui sudut terbaiknya. Darimana si kamera itu harus ngejepret? Harus agak ke bawah atau ke atas? Kalau gue pribadi seneng banget kalau kameranya dijepret dari arah serong kanan, karena bisa bikin hidung ini keliatan mancung padahal aslinya kan nggak. Kayak foto ini yang pernah di upload juga buat dipakai sebagai featured image.

Gue paling nggak suka difoto kalau kameranya dari bawah, karena difoto dari bawah bukan sudut terbaik. Gue pun nggak suka kalau kameranya sedikit lebih belakang, karena hidungnya jadi keliatan lebar. Jadi yang paling pas adalah kameranya ada di arah serong kanan.

Tapi sudut terbaik tiap-tiap orang tentunya berbeda, jadi temukan sudut terbaik kalian dan biarkan kamera yang berbicara.

5. Moodnya Harus Baik

Nggak disangkal emang mood baik itu membawa hal-hal positif termasuk foto yang bagus. Kalau moodnya baik kan yang ngefotoin juga jadi ikutan seneng, nanti hasilnya pun jadi positif. Hehe.

6. Yang Ngefotoinnya Peduli

NAH INI. Faktor terpenting di balik sebuah foto yang memuaskan. Nggak peduli seberapa bagus, mahal, kekinian sebuah kamera, kalau yang ngefotoinnya nggak peduli alias bodo amat ya pasti hasilnya nggak bakal sesuai kayak yang kita inginkan.ย Maksudnya adalah dia cukup peduli buat membuat foto kita jadi bagus. Nggak perlu jago, nggak perlu hebat, nggak perlu profesional, yang diperlukan hanya peduli.

Contoh orang yang nggak peduli akan hasil foto adalah sepupu gue, yang kerap dipanggil Afi dan orangnya pernah ditulis juga disini. Ngeselin abis dia kalo disuruh motoin. Nggak ngitung, hasilnya miring, ah udah pokoknya paket lengkap tentang bikin orang kesel kalo minta difotoin sama dia. Kayak foto yang gue pake sebagai featured image post ini.

Foto itu berhasil diambil setelah beberapa kali ngulang. Gue selalu request dan memperingati dia tiap mau foto. Kira-kira begini request-request gue ke dia waktu itu. Dari tahap yang gue masih sabar kayak,

“Fi awas ya jangan miring lagi.”

“Sekali lagi coba.”

Sampe gue yang kepanasan tapi dia belum bener-bener aja kayak,

“KAMERANYA PEGANG PAKE DUA TANGAN!”

“IH YANG BENER DONG MANEH MAH!”

“ITUNG FI JANGAN LUPA!”

“JANGAN MIRING WOY LIAT ITU KAMERANYA MIRING!”

Gitu pokoknya sungguh menguras emosi. Untung sodara, kalo bukan pasti udah musuhan kita, bosen dianya diomelin melulu. Tapi untungnya dia nggak separah itu sekarang, dia udah SEDIKIT lebih mengerti bagaimana bikin orang-orang bahagia kalo minta difotoin. Alhamdulillah.

7. Sebenarnya

Sebenarnya gue nggak peduli amat soal background foto karena background bisa dimanipulasi pake aplikasi edit. Jujur buat gue sendiri, yang namanya background bagus itu sekedar bonus. Kadang suka bilang, “Ih bagus nih buat background!” tapi gue malah motoin orang lain, bukan guenya sendiri yang difoto disitu. Karena sekedar bagus belum tentu cocok sama muka gue yang kekurangan ekspresi ini.

Nah, kira-kira itu tips dan trik dasar mendapatkan foto yang bagus. Pengennya sih bikin tips dan trik biar kurus tapi apa daya sendirinya juga belum kurus jadi biarkan waktu yang menjawab.

Semoga postingan ini sedikit membantu dan cukup bermanfaat buat yang baca. Terimakasih!

16 thoughts on “Tips dan Trik Mendapatkan Foto Yang Bagus

  1. bagaimanapun pinternya kita berpose, kameranya bagus dan mahal, kalo yang motoin gak pinter emang sama kayak boong.. yang lebih ngeselin, kita motoin dia bagus tapi dia motoin kita jelek. *curcoool* ๐Ÿ˜›

    Like

  2. Nomor 6, benar banget. Dan paling nyebelin kalau dia jadi teman jalan kita. Pas kita motretin dia, hasilnya bagus-bagus. Giliran dia motretin kita, eh malah asal ๐Ÿ˜€

    Like

  3. Waah, habis baca ini saya jadi sadar kalo selama ini teknik ‘moto’ saya jelek banget alias nggak punya teknik sama sekali, main jeprat jepret ajaa.. Makasi mba Audris atas ilmunya dan salam kenal ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    Like

    1. Waaw alhamdulillah tulisanku ternyata cukup bermanfaat untuk orang lain wkwk. Iya samasama dan makasih juga sudah membaca Mbak Hafira, salam kenal! ๐Ÿ™‚

      Like

  4. Jirrr aku setuju ini semuanyaaaa. Apalagi sama yang yang motoin kita peduli. Aslik, kalau minta tolong orang lain foto napa cuma mencet terus udah sih. Minimal jangan miringlah ya huhuhu ๐Ÿ˜ฆ

    Like

Diterima Apa Adanya Kok

