Habis Lulus Mau Jadi Apa?

#nowplaying Last Date Conversation – Littlecoustic.

“Nanti habis darisini mau jadi apa?” tanya mas-mas gondrong yang lagi bikinin sketsa gratis di Pasar Seni Lukis 2017.

“Jadi orang.”

Dan ternyata pertanyaan itu terus menghantui sampai hari ini. Gue dateng ke Pasar Seni Lukis yang tempatnya ada di kampus sendiri alias Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung alias yang orang kenal dengan sebutan ‘NHI’ atau ‘Enhaii’ baru tanggal 30 Maret kemarin, hari terakhir acara itu diadakan. Ternyata isinya bagus-bagus dan gue nyesel kenapa nggak dari sebelum-sebelumnya aja kesana. Kalo gue nggak dateng kesana, pasti nggak bakal ada yang nanyain nanti bakal jadi apaan setelah lulus sehingga bikin ngebatin selama beberapa hari belakangan.

Jadi, setelah lulus mau jadi apa?

Bukannya prospek kerja setelah lulus dari Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP) ini nggak jelas, tapi jujur gue masih bingung. Melihat profil para alumni MDP ini, ternyata kita bisa jadi apa aja. Ada yang kerja di Kemenpar, dinas-dinas pariwisata di seluruh Indonesia, dosen, konsultan, bahkan yang kerja di hotel, event organizer, jadi pramugari dan bank pun banyak padahal dasar kita bukan hotel atau perbankan. Mungkin orang-orang masih banyak mengira kalo yang kuliah di STPB itu semuanya bakal ke hotel atau jadi tour guide. Nggak coy, pariwisata lebih luas dari itu, wawasan orang-orang aja yang biasanya terlalu sempit.

Nah, setelah mengetahui sedikit tentang profil MDP yang bakal jadi bagian penting dalam hidup ini selama 4 tahun, gue masih nggak kepikiran nantinya bakal jadi apa. Pengen sih pengen, cobain kerja satu-satu mulai dari perusahaan yang dikelola swasta sampe yang dikelola pemerintah. Sebenernya apa yang nanti bakal gue cari? Pengalaman? Duit? Kesenangan tersendiri?

Apa orientasi kalian bekerja? Untuk apa atau untuk siapa?

Di usia yang dalam hitungan bulan akan menginjak angka 20 ini, gue jadi semakin bingung. Dulu kayaknya gampang-gampang aja nyebut kita pengen jadi apa. Semakin kesini semakin jelas kalo masa depan itu ternyata seabsurd dan semengejutkan ini. Terlalu banyak kejutan-kejutan yang nggak kita sangka bakal kita dapatkan. Terlalu banyak keputusan-keputusan yang diberikan jauh dari keinginan kita.

Apa kalian yang udah pada lulus kuliah, dulu saat semester-semester pertengahan udah tau mau jadi apa? Bakal kerja dimana?

Atau hanya gue yang masih bingung nanti kerjanya dimana dan bakalan jadi apa?

Tapi walaupun kesannya gue adalah orang yang payah dan nggak jelas akan masa depannya, setidaknya gue punya mimpi, seperti:

  • Gue pengen banget jadi perempuan yang bisa menginspirasi banyak orang perihal hal-hal baik di dunia ini.
  • Gue pengen menulis banyak, berkarya dalam bentuk tulisan yang bisa dikenang, menyenangkan diri sendiri lalu menyenangkan orang lain. Mungkin terdengar egois, tapi gue nulis bukan untuk kesenangan orang lain, tapi buat kesenangan gue sendiri dulu. Perkara orang-orang seneng baca tulisannya, itu hanya bonus.
  • Gue pengen jadi orang sibuk tapi santai, alias kerjaan bisa dibawa kemana aja yang penting selesai sesuai deadline.
  • Gue pengen kerja karena gue seneng akan pekerjaan tersebut, bukan kerja karena paksaan dan kepasrahan.

Terus ujung-ujungnya pasti muncul pertanyaan baru, “Emang udah berusaha sampe mana? Kok berani pasang mimpi tinggi-tinggi?”

Kayaknya, orang-orang butuh berhenti kepo tentang seberapa besar usaha yang kita lakukan. Terkadang mereka nggak perlu tahu apa aja yang kita hadapi. Toh, tetep yang akan dilihat adalah hasil akhirnya. Di dunia yang kejam ini, siapa yang peduli soal proses? Nggak banyak. Miris, tapi nyatanya bener.

Sejauh ini, otak gue cuma bisa berpikir sampe situ. Emang belum spesifik, tapi setidaknya gue nggak tersesat-tersesat amat dalam kehidupan yang dilandaskan pilihan-pilihan ini.

Ya, setidaknya.

Jadi, habis lulus mau jadi apa?

 

9 thoughts on “Habis Lulus Mau Jadi Apa?

  1. kerjaan sesuai list mu itu banyak macamnya dris. Blogger (asal fokus 100% ya, duitnya juga banyak hehe). Travel writer juga oke dan matching sama pendidikanmu. Temukan passionmu secepatnya. Semoga Allah mudahkan ya dris 🙂

    Like

    1. Aku mulai mencari cara gimana menghasilkan uang lewat blog awam ini:”
      Iyak! Travel writter terdengar menggiurkan, apalagi hubungannya sama pariwisata heuheu. Baiklah, siap mbak, aamiin terimakasih!

      Liked by 1 person

  2. Hahahahaha bener Dris, makin tua, makin nggak jelas mau jadi apa, sama doooong 😁
    Tapi, biarpun nggak jelas mau jadi apa dan mau ngapain, musti tetep optimis Dris. Nanti suatu saat, entah kapan, Tuhan bakalan turun tangan kok, intinya mah tetep optimis sama berusaha aja deh 😁
    Karena aku pun sekarang gitu, kedepannya masih abu-abu, tapi, tetep aja optimis sembari mengusahakan yang bisa diusahakan. Nggak harus menghasilkan duit, yang penting bermanfaat sih hehehehe 😁 Tenang Dri, jangan bingung… Yang penting lulus kuliah dulu, kalau pun toh ditakdirin nggak lulus, yakin lah banyak jalan kok masihan, apa lagi kalau lulus, kemungkinannya terbuka lebar 😁 dan satu lagi, Tuhan nggak tidur 😁

    Like

    1. (((makin nggak jelas mau jadi apa)))
      Yang penting optimis aja dulu ya, urusan akhirnya mah gimana Allah aja heuheu. Sembari mengasah apa yang sudah dipelajari dan mempertajam bakat (?)
      Weeees gila gila, anaknya udah orientasi destinasi pariwisata bagian pemerintah banget ini, yang fokusnya benefit bukan profit :))
      HAHA sedih amat sih ya Allah jangan sampe ga lulus kuliah ah amit-amit hih. Aamiin, semoga banyak peluang dan kemungkinan-kemungkinan nanti setelah lulus. Iyap betul!

      Like

Diterima Apa Adanya Kok

