Bulan Terakhir Semester 4 dan Memulai Kembali

#nowplaying All of ‘Em – Teddy Adhitya.

Sebulan lebih nggak menyentuh blog ini, begitu nulis lagi rasanya kayak memulai kembali. Memulai kembali seakan belum ada apa-apa, memulai kembali seakan udah banyak yang berubah, memulai kembali karena gue udah terlindas oleh waktu. Nggak pengen banyak beralasan sebenernya, tapi sebulan terakhir ini memang yang paling edan.

Pertama, gue melaksanakan field trip ke-8, karena di semester 5 yang akan datang ini, gue udah fokus pra-fps yang mana FPS itu bentuk penelitian program studi Manajemen Destinasi Pariwisata. Walaupun FPS-nya di semester 6, tapi semester 5 udah dibekelin apa-apa aja yang bakal dibutuhin. Hasil dari Field Project Study atau FPS ini akan menjadi seminar nasional, yang juga dilaksanakan semester 6 nanti.

Kedua, gue menyelesaikan tugas-tugas yang baru dikasih dan dikasihnya dempet-dempet dalam sebulan terakhir. Mulai dari laporan field trip, tugas presentasi, tugas marketing yang nggak ada habisnya dan makalah yang tertunda. Waktu gue sempet tersita karena dispen jadi panitia Grand Recruitment, walaupun malamnya setiap habis selesai acara, gue dan beberapa anggota kelompok lain selalu meluangkan waktu buat ngerjain dulu biar cepet selesai. Gue heran, nggak tahu kenapa setiap gue dispen, pasti begitu masuk tugas-tugas langsung numpuk. Setelah melalui semester 4 yang sehari lagi selesai ini, folder tugas gue akhirnya penuh.

Hasil perjuangan sambil mencari motivasi di semester 4.

Ketiga, gue kehilangan motivasi. Entah kenapa tapi semester 4 ini adalah semester yang paling jenuh. Gue bener-bener nggak peduli tentang absen. Sampe gue dapet surat peringatan pertama atau yang biasanya anak STP bilang SP 1. SP disini bukan semester pendek, tapi surat peringatan, karena kita udah melanggar peraturan. Absen gue udah 10 jam, sedangkan SP 1 itu 8 jam. Jadi kalo lebih dari 8 jam, pasti dapet SP 1. Gue bener-bener nggak peduli. Kalo gue ngantuk ya nggak ikut kelas pagi. Kalo gue males ketemu dosennya ya nggak akan ikut kelas dia. Kalo gue belum hafal materi presentasi ya gue nggak masuk. Masih SP 1 ini kok, belum sampe SP 3 jadi selow.

Ada satu kesimpulan yang bisa gue ambil, gue jenuh berada di kelas. Gue jenuh setiap hari masuk ke kelas yang sama dan duduk berjam-jam ngedengerin dosen ngejelasin materi, marah, sampe bercanda. Di semester 4 ini gue nggak banyak nyatet di buku. Makanya, field trip (walaupun laporan dan packingnya bikin males) tapi itu adalah satu-satunya kegiatan yang menurut gue menyenangkan karena gue keluar dari kelas. Ini beberapa dokumentasi selama field trip kemarin.

Ke-empat, gue selalu kena writer’s block. Sebenernya banyak yang pengen ditulis, kayak liburan dadakan ke Yogyakarta, konser-konser yang gue tonton selama awal tahun 2017 dan belum sempet ditulis, kegiatan kampus kayak field trip. Tapi nggak tahu gue lagi nggak ada cara untuk menuangkan sebuah momen ke dalam bentuk tulisan. Gue kena writer’s block.

Kelima, karena kehilangan motivasi itulah gue jadi sering telat. Bahkan, dari hari pertama UAS pun gue udah telat masuk. Selama UAS ini gue belum pernah dateng tepat waktu, jadi setiap dateng pasti anak kelas udah pada megang kertas jawaban dan soal. Gue selalu menjadi mahasiswi mandiri yang ngambil kertas jawaban dan soal sendiri dari meja dosen. Semester 4 memang nggak ada dua malesnya.

Akhirnya, di week UAS ini yang mana besok adalah hari terakhir dan gue belum nyiapin referensi apa-apa untuk jawabannya karena walaupun open book tapi kalo nggak dipersiapkan tetep bikin keteteran, gue bertekad untuk memulai kembali nulis di blog ini. Walaupun gue sadar memulai kembali setelah sebulan terkubur itu nggak mudah, tapi gue yakin nggak sulit juga.

Seperti halnya absen gue selama semester 4 ini yang akan dihapus dari portal mahasiswa dan akan kembali kosong untuk semester 5 nanti, gue akan memulai kembali. Memulai kembali untuk membangun motivasi lebih semangat di semester 5 nanti, memulai kembali untuk nggak males-malesan lagi dan memulai kembali untuk nggak telat. Gue akan memulai kembali diri gue ini seperti awal-awal masuk kuliah.

Terima kasih untuk perjalanan satu semester ini! Sampai bertemu di semester lima.

Advertisements

2 thoughts on “Bulan Terakhir Semester 4 dan Memulai Kembali

  1. Saya sering banget tuh kena writer’s block.. Pengen nulis banyak tapi bingung mau memulainya seperti apa atau udah mulai tapi akhirnya gak terselesaikan.. Setelah kurang lebih empat bulan vakum nulis blog, akhirnya baru semalam saya berhasil nulis blog lagi..

    Like

    1. Iyaaash! Akhirnya malah menuh-menuhin draft. Kadang saking banyaknya draft, aku hapusin lagi biar gak jadi beban pikiran😂
      Waw vakum 4 bulan! Ternyata ada yang lebih lama dariku ya vakumnya. Mari semangat ngeblog lagi!

      Liked by 1 person

Diterima Apa Adanya Kok

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s